Wednesday, May 16, 2012

What Language should I use?

Hello, beauties! How are you? Okay, postingan kali ini aku gak pake bahasa Inggris karena ada yang mau aku tanyain ke blogger lainnya yang rata-rata dari Indonesia. Dan postingan ini gak ada hubungannya sama sekali sama beauty things. Tapi, semoga tetep dibaca ya? Hehe :D



Oke, back to bussiness. Di Indonesian Beauty Blogger Facebook Page ada salah satu posting yang bilang kalo mending jangan ngeblog pake bahasa Inggris kalo gak jago-jago amat ngomong dan nulis bahasa Inggris, karena nanti jadi susah dibaca dan dimengerti sama pembaca yang kebanyakan adalah orang Indonesia. Nah, aku kan salah satu blogger yang nulis blog pake bahasa Inggris, gara-gara sering mampir ke blognya Evita Nuh dan merasa, "wah, keren juga ya kalo nge-blog pake bahasa Inggris?", dan kemaren terakhir test TOEFL skorku lumayan laaah, 540-an gituuu, lupa tepatnya berapa, hohoho *lempar sendal teklek*. Tapi emang sih, kadang nggak pede juga karena aku masih belum yakin sama grammarku. Dan juga, aku kan nulis di blog biar bisa dibaca sama orang banyak, jadi kalo tulisanku malah gak dimengerti sama orang banyak, apa gunanya aku nulis blog, iya kan?

Banyak pro kontra dari nulis pake bahasa Inggris sama bahasa Indonesia. Kalo pake bahasa Inggris, bisa dibaca sama bule-bule yang kebetulan walking-walking di blogku, tapi buat orang Indonesia, gak semuanya fasih berbahasa Inggris jadi malah bikin gak mudeng sama isi blogku. Terus, kalo pake bahasa Indonesia, gantian orang-orang bule yang gak mudeng sama isi blogku, jadi gak bisa go international deh, wkwk (apaa iyaa? -__-"), tapi bisa dengan mudah dinikmati sama pembaca dari Indonesia dan sebagai perwujudan cinta pada bahasa sendiri. :D


Jadi, dari postingan kali ini, aku mau minta pendapat teman-teman semua, bahasa mana yang sebaiknya aku pake? In English, atau bahasa persatuan, Bahasa Indonesia? Apa pake bahasa Indonesia tapi tetep nyempil-nyempilin bahasa Inggris dikit? Mohon sarannya ya beauties, karena tujuan utamaku ngeblog adalah pengen entertain all of you, menghibur kalian semua. Okay, makasih sudah mau mampir ya beauties, ditunggu sarannya. See ya, and stay BEAUTIFUL! *kisses*

12 comments:

  1. hai dil... iya nih aku sempet baca jg di pagenya IBB...

    kalo menurut aku, gunakanlah bahasa yg kamu kuasai... tp ga ada salahnya jg kalo kita mau belajar dan mengasah bahasa inggris kita...

    aku sih prefer menggunakan bahasa Indonesia... kadang malah campur aduk ga karuan hehe...

    kadang ada beberapa kosakata yg kalo kita translate ke bahasa inggris or kebahasa indonesia malah jadi keliatan aneh... jadi selagi bisa dibaca dan dimengerti orang byk pakai bahasa campuran jg ga masalah kalo buat aku pribadi..

    toh kita jg ga bisa ngatur atau mendikte si pemilik blog lain harus begini or harus begitu.. tiap orang beda2 gaya, beda isi kepala dan beda tujuan... dan yg terpenting ngeblog itu sendiri tanpa harus ada paksaan..

    selagi kita enjoy dan nyaman ngeblog dgn gaya kita sendiri.. just do it...

    ini menurut aku loh ya.. hehe

    *maap ya dil jadi nulis cerpen gini ;D*

    ReplyDelete
    Replies
    1. masukannya bagus banget mbak Rillaz :D setelah aku pikir2, kadang aku nyari suatu kata bahasa Indonesia (atau yang biasa dipake di Indonesia) trus mau di-Inggris-in itu susah banget, semisal kata "unyu" atau "lebay" kan gak ada di kamus bahasa Inggris, hehe. jadi, sepertinya aku akan merubah bahasa di blogku jadi bahasa Indonesia. tapi bukan berarti aku stop belajar bahasa Inggris, krn bahasa Inggris itu jg penting. tapi tetep enggak ninggalin bahasa ibu-ku, yaitu bahasa Indonesia. :D

      MERDEKA! :D

      Delete
  2. kalo aku sih mending indo dil..
    krn bnyak kosakata indo yg ditranslate ke inggris mlh jd aneh..
    apalagi klo ttg review produk,bisa2 mlh g komplot ngreviewny,hahaha
    klo bagiku sih go inter g pnting2 amat,hahaha

    tp itu trserah kmu,semua org punya prioritas masing2.. :D
    tp sejauh ini,aq baca blogmu fine2 aj,haha
    cm kdang di bag review,sedikit susah dibayangkan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah Mon, kayak balesanku ke mbak Rillaz diatas, kadang (atau mlh sering ya?) susah nyari kata yg biasa dipake di bahasa Indonesia trus mau ditranslate ke Inggris, hehe. trus juga aku ngeblog kan biar dibaca orang, bukan cuma buat aku pribadi, jadi secara aku orang Indonesia, banyak temen2ku yang orang Indonesia, aku jd mikir buat ngrubah tata bahasa blogku ke bahasa Indonesia, hehe.

      makasih masukannya Mon! ^^

      Delete
  3. Dila, aku mau berbagi (boleh? boleh donk... :D)

    Kalau tujuanku ngeblog saat ini adalah untuk jurnal pribadi. Dapet banyak follower, itu bonus tambahan. Tapi sampai sekarang, aku masih menganggap blog sebagai jurnal miliku pribadi, yang boleh di baca dengan bebas oleh banyak orang. Jadi aku nggak pribadi nggak punya beban untuk harus menyenangkan atau menghibur orang lain. Aku nulis apapun yang aku mau. Jadi kalau suatu saat aku belajar bahasa Zimbabwe, dan memutuskan untuk menulis dalam bahasa zimbabwe, sekaligus menggunakan blog untuk mengasah kemampuan bahasa zimbabweku, ya nggak masalah. Toh ini blogku. Suka silahkan, enggak ya nggak usah baca :D.

    Jadiii...semua balik ke tujuan masing2 orang. Wong ini jurnal pribadi kok, ya terseralah mau diisi apa.

    Kalau kamu punya tujuan menghibur org dengan blog kamu, pengen go internasional, sekaligus pengen menjadikan blog sebagai media untuk mengasah kemampuan bahasa inggris kamu, ya nggak apa2. Sebagai follower, aku suka & menikmati blog kamu dengan bahasa Inggris kok. Apalagi posting kamu cendering ke FOTD makeup fantasi, bukan review lokal produk.

    Aihh...kepanjangan nih. Intinya terserah kamuh Dila. Kamu nyamannya pake apa. Kamu tujuannya apa. Yang penting enjoy ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bener mbak, emang senyamannya aku. jadi kalo suatu ketika pengen pake bahasa Indonesia, ya suka-suka gue, kalo pengen pake bahasa Inggris ya up to me, hehe. tapi tetep, tujuanku ngeblog krn ingin sharing dan menghibur orang-orang, jd aku berusaha buat biar orang2 itu terhibur dan nyaman baca blogku, hehe.

      makasih sarannya mbak Arum ^^

      Delete
  4. kalo aku sih prefer bahasa indo yg nyampur2...pokoknya bahasa yang aku pake sehari2 laaaah..
    soalnya blog kan ttp milik pribadi,lebih nyantai klo mau curcol pakai bahasa indo..
    kalo pake b.ing kaku, kagak bisa ngelawak..*loh?*
    tp ada juga blogger yg senang pake b.ing krna skalian ngelatih b.ing gituu..positif jg tuh!:D
    jd mending pake bahasa yg kamu sukaaa..<3

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih Merry :D

      iya, kamu bener banget. it's up to me, tapi tetep gak ngorbanin orang-orang yang baca blog kita, hohoho. thank you yaaah ^^

      Delete
  5. hahaha.. topik ini pernah aku alamin duluuuu pas pertama2 ngeblog.. galau, mau nulis pake bahasa apa.. nulis pake bhs indo aja ga becus jadinya, mau sok2an pake bhs inggris.. Ternyata keangkat lagi topiknya.. :p
    akhirnya atas saran dari bbrp byuti blogger waktu itu, aku ttp nulis pake bhs indo.. Ga ada salahnya kan nulis pake bahasa indo? Waktu itu mereka mencontohkan beberapa blog yang tetep eksis dan banyak pembacanya walo ditulis pake bhs indo.. (lupa dulu apa aja)

    dan pada suatu hari, seorang blogger dr luar negri meng-email aku dan ngasih saran gimana kalo blog aku dikasih widget automatic google translate, biar mereka yang dari luar tetep ngerti dan bisa baca review aku.. akhirnya aku pasang dehh.. problem solved right? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah mbak, makasih ya sarannya. ^^

      iya deh, ntar kalo aku nulisnya pake bahasa Indonesia aku pasang widget automatic google translate :3

      Delete
  6. hehehe seneng deh liat postingan terakhir tetep pake b. inggris bukannya aku g cinta bahasa indonesia cuma ini masalah konsistensi ama pendiriian, klo emg dari awal ngeblog pake b. inggris atau b.indo harus konsisten pake bahasa itu sampe trakhir bukan malah langsung gnti karna bnyak org yang kritik ini itu. ... gak slamanya kemampuan kita stuck disitu2 aja namanya juga blajar pasti bkalan improve trus mnerus ..aku salah 1 blogger pk b.ing juga ngrasa trsinggung y klo diblg pngen internasional atau apalah, sama skli engga diriku narsis pun engga LOL .. cuma mnurut pnglamanku aku suka susah klo nyari review trus ktmunya blog yg pke bhasa negaranya sndiri macam china, rusia, etc yang 1 pun kata2nya aku g tau yah makanya aku milih b.ing aja biar klo ada org luar nyari review ktmu blogku dia sdkit bisa ngerti..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, emang rada tersinggung gitu sih, krn awalnya pakek inggris tu krn sekalian mau belajar ngembangin yang udah dipelajari, ibaratnya, salah yoben, wong lagi belajar gini :3 tapi yasudah, tiap orang kan punya pendapat masing2, jadi saling menghargai aja *sok wise* :P

      Delete

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...