Friday, August 24, 2012

This is How I Clean My Face (Step-by-Step)

Hello beauties.. Kali ini mau posting gimana caraku membersihkan wajah tiap hari nih. Oke, jujur, aku bukan termasuk salah satu cewek yang punya kulit super halus super mulus bak artis-artis Korea gitu. Kulitku termasuk kulit kombinasi-nyentrik (sedikit berminyak di T-zone, tapi super kering di U-zone) dan "agak bandel" di bagian hidung (Komedo, bruntusan, dsb), tapi Alhamdulillah jarang jerawatan. Suka pusing sendiri gimana ngilangin bruntusan dan komedonya, juga suka bingung milih pelembab yang cocok buat kulitku ini. Dan sampe tulisanku ini di-post, aku masih nyari-nyari produk skin care yang bener-bener match perfectly with my skin. So, produk-produk yang aku pakai sekarang di post ini belum tentu akan aku pakai terus (kecuali yang cocok, of course). Yang pasti, aku bikin post ini bukan bermaksud menggurui, atau berkesan aku ahli dalam hal bersih-bersih muka. Intinya, di post kali ini cuma mau nunjukin langkah-langkah apa yang aku lakukan pas membersihkan muka dan apa pentingnya melakukan step-step tersebut saat melakukan pembersihan muka. So, cekidot! ^^

Pembersihan mukaku dibagi jadi dua, yaitu setelah bermakeup tebal dan setelah bermakeup tipis. Yang aku jelasin dulu yang setelah bermakeup tebal ya.. Bermakeup tebal di sini maksudnya makeup komplit. Kalo adonan wajah yaitu dari toner, moisturizer, sunblock, bb cream/foundie, loose powder/compact powder/two way cake, sampai blush on. Terus kalo adonan mata ya dari concealer/eye base, eye shadow, eyeliner, maskara, eye brow pensil, sampai bulu mata palsu! Terus ada juga lipstick berlayer-layer, mulai dari lip balm sampe lip gloss (Huah, susahnya jadi cewek!). Ini dia contoh mukaku yang bermakeup tebal :


Memang sih, nggak kelihatan kalo habis bermakeup tebal, karena itu udah 14 jam setelah bermakeup tebal (tanpa bulmatsu tapi..). Bener, nggak salah baca, 14 jam. Setelah kena wudhu berkali-kali, touch-up berkali-kali, dan itulah mukaku. Kucel, kusam, kelihatan capek. : | Tapi tetep cantik kaaan? Iya kan? Iya dong! :D *maksa*

So, dimulailah bersih-bersihnyaaa! \(^0^)/

Step 1: Bersihkan Makeup Mata
Sebagai langkah pertama, aku selalu membersihkan makeup mata lebih dulu. Kenapa? Rasanya risih cyiiinn, jadi pengen cepet-cepet dihapus aja. Apalagi kalo udah smudge, mbleber kemana-mana, ugh, muka cantikku kan jadi ternodai. Untuk membersihkan makeup mata, aku pakai Maybelline Makeup Remover for Eye & Lip.

Kiri: mata setelah dibersihkan. Iya, aku tau, mataku kalo nggak dipakein eyeliner jadi kelihatan capek dan kayak ngantukan. Alisku juga jadi ketauan kalo gundul. -___-"
Kanan: kapas yang sudah kotor kena eyeliner, mascara, dan lain sebagainya. Euh!

Step 2: Bersihkan Wajah Menggunakan Cleansing Oil
Atau dalam kasusku, pakai Wardah Pure Olive Oil. Sama aja sih (kalo menurutku), malah sekalian menutrisi kulitku karena olive oil atau minyak zaitun banyak banget manfaatnya (bisa baca di postku yang INI kalo mau tau kelebihan minyak zaitun.. ^^).


Caraku membersihkan pakai olive oil ini, yaitu tuang kira-kira 6-8 drop minyak zaitun ke telapak tangan, lalu oles-oleskan ke seluruh permukaan wajah sampai leher. Kemudian pijat-pijat dengan arah memutar. Lakukan terus selama kira-kira 5-10 menit. Kelamaan? Takut pegel? Mau muka sehat nggak?? *acungin golok* :D

Mukaku setelah dipijit-pijit pakai olive oil. Cling-cling! ^^

Step 3: Bersihkan dengan Cleanser
Yap, selanjutnya bersihkan muka dengan cleanser. Kalo aku, muka kena minyak zaitun tadi nggak aku seka pakai kapas, langsung aja templokin cleanser. Sama aja kok, wong ntar juga diuser-user itu cleanser ke muka kita, dan diangkat pakai kapas. *ngirit kapas* Yang pasti membersihkannya harus teliti ya, jangan sampai ada kotoran yang tertinggal.. ^^

Kiri: muka setelah dibersihkan memakai cleanser
Kanan: kotoran mukaku yang segunung! Yaiks!

Step 4: Cuci Muka Menggunakan Facial Foam
Jangan pakai sabun badan ya.. Pokoknya pakai sabun khusus muka, atau sabun yang nggak berbahaya untuk muka. Bersihkan secara merata ke seluruh wajah.

Kok kostumnya beda? Iya, soalnya aku Spider-woman. Ya nggak laah.. Itu karena aku sekalian mandi, karena baru pulang dari mbolang ke pantai (makanya pergi selama 14 jam, macet bok!)

Step 5: Apply Toner dan Lip Balm (Optional)
Tonernya aku pakai Hada Labo Gokujyun Moisturizing Lotion for Dry-Normal Skin. Lip balm ini optional ya, tapi karena bibirku kering jadi pakai lip balm hukumnya wajib buat aku.. :P

Setelah pakai toner dan lip balm wajahku jadi cling-cling deh :D

Nah, selanjutnya mau aku jelasin step-step membersihkan muka setelah bermakeup tipis. Bermakeup tipis ini di aku cuma pakai toner, moisturizer, lanjut bedak (loose powder/compact powder/two way cake), terus blush on dan lip color. Tanpa sunblock, tanpa bb cream/foundie, tanpa makeup mata (paling cuma eye liner doang). Tapi makeup ini biasanya aku pakai cuma kalo pergi malam, dan cuma ke tempat saudara. Soalnya aku seringnya kalo kemana-mana pakai makeup tebal, bahkan pas malam hari, hoho.. ^^

Step-stepnya hampir mirip sih sama membersihkan muka setelah bermakeup tebal. Yang membedakan cuma lebih simple, itu aja. Nggak aku jabarin ya, cuma aku sebutin aja step-stepnya (karena mirip).
1. Pakai cleanser
2. Cuci muka pakai facial foam
3. Apply toner dilanjut lip balm

See, simple kan? Malah biasanya kalo cuma bermakeup tipis aku nggak pakai cleanser, cuma pakai cleansing wipes (itupun jarang), terus langsung cuci muka. Tapi setelah cuci muka selalu pakai toner dan lip balm. :D

Hehehe.. Itu yang aku lakukan tiap membersihkan wajahku dari sisa-sisa makeup beauties. Gimana kalau kamu? Share lewat comments ya.. ^^

Thanks for stopped by,
Comments and follow if you like,
Hope you all well,
and Stay...
...BEAUTIFUL!
*kisses*

18 comments:

  1. wahahaha, cerdas deh mbak, ngganti cleansing oil pake minyak zaitun :P
    pengen beli tapi sayang bgt duitku.. hihihi
    *pelit*
    kalo pake baby oil gimana yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ih, itu murce kok.. 14-an ribu isi 50ml.. :D
      sebelum pake minyak zaitun itu aku juga pake baby oil, tapi rasanya greasy banget, bahkan setelah dipakein cleanser juga tetep ngerasa greasy.. suka-sukaan sih, tapi kan kalo pakai minyak zaitun bisa dapet manfaatnya jugaaa.. :D

      Delete
    2. maksudnya cleansing oilnya mbak, aq liat di OL shop harganya 250rb T.T
      hihihi
      coba ah besok kalo mukaku yang abis kena tomcat ini sembuh ><
      lg ga berani ngasih apa2 ke muka, soalnya masih perih-panas gitu :/

      Delete
    3. owalah cleansing oilnya tooo :D iya, kalo cleansing oil emang mahaaaaaaaaaal T,T
      whee, kena tomcat?? :O gwrs yaaa :)

      Delete
    4. aku pake kose softymo speedy cleansing oil gag begitu mahal kok 95rb klo yg deep cleansing oil sekitar 145rb, tp pake olive oil jauh lebih murah sih

      Delete
    5. bandingkan dengan olive oil yg cuma belasan ribu Sekaaaar -___- hahahaha..

      Delete
    6. apalagi sama olive oil yg buat masak skalian hihi

      Delete
  2. samaaa mabkk nitaaa,,,
    aq juga pake baby oil soalnyaa hematt duit cinn,,,hehhehe
    baby oil aq samain aja ma olive oil,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, nggak papa kok Diani pake baby oil, aku cuma nggak suka sama greasy-nya aja.. :D

      Delete
  3. Aku pake evoo skalian buat masak hihi trus cleansing dan facial foam klo bsk pagi mo keramas evoo skalian ditemplokin ke rambut (>^ω^<)

    http://hanaiyzm.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. whoaaa, jadi efisien dong yaa? bisa buat skin care, hair treatment, juga buat masak, hihi :D

      Delete
    2. Wahahaha...samaan. Aku juga pake EVOO buat. EVOO nya sekalian buat lip & makeup remover, buat bersihin muka kalau makeup heboh, buat pijet, buat campuran body lotion, buat pelembab rambut sebelum keramas, buat dresing salad, buat lipbalm sebelum bobok, ditaruh di botol spray buat body mist. Trus lagi mau coba diminum sesendok tiap pagi buat diet. Bhihihik...ngirit banget apa2 pake EVOO.

      Delete
    3. bwahahaha ternyata qta sama ya jeng, aku udah coba minum tp gag sukaa!! akhirnya balik minum acv aja. evoo pake di bibir bikin bibirku jd pink sayangnya alergi huu huu

      Delete
    4. whoaa, jadi tertarik nyoba evoo \(*o*)/

      Delete
  4. iaaa mbak dillaaa,,,
    rcnaanyaa pengen olive oil jg sih, berhubung udah k beli yaa ,mo d abisin duluuu,,,
    hehehehe

    ReplyDelete
  5. beneran deh jadi cewek itu emang ribet banget.haha
    aku juga mau beli wardah pure olive oil ini tapi lagi oos ditoko deket rumah -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. coba deh cari di supermarket2 gitu, pasti ada (yaiyalaaah.. hihi..) ^^

      Delete

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...