Monday, April 22, 2013

Saya Sudah Pendadaran! :D

I'm soooooo exciteeeeeeed! Bahagia banget saya sodara-sodara. Perjuangan beberapa bulan terakhir ini terbayarkan sudah! Yap, aku udah pendadaran alias sudah sidang skripsi! Woooohhhhooooo! >w< Itulah alasan mengapa aku menghilang hampir dua minggu ini. Rasanya urusan lain nggak ada yang lebih penting daripada skripsiku yang udah bikin aku nangis darah jungkir jempalik roll depan roll belakang. Yaaaaaaaaaaaiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiyyyyyyyyyyyyyyyyyy!!! *nari keliling kampus*

Makanya, demi menghormati perjuangan menyelesaikan skripsi, aku mau mengabadikan momen-momen menuju pendadaran kemaren Rabu tanggal 17 April 2013 (satu lagi tanggal yang berarti dalam hidupku selain hari lahirku, hari ulang tahun mama, ulang tahun papa, ulang tahun adek, dan ulang tahun pernikahan mama-papa) dalam bentuk tulisan di blog saya yang tercinta ini! Mari kita mulai. :D

Skripsi saya dimulai setahun yang lalu.....

Pembukaannya serasa horor amat yak? Ya emang sih, dimulainya setahunan yang lalu. Mengulas sedikit sistem pendidikan di kampusku ya? Yap, sistem pendidikan di kampusku agak beda sama kampus lain. Oh, aku kuliah di Jurusan Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (lihat kata-kata "dokter" di situ? Ya, tapi di blog ini aku menampilkan sisi lainku yang centil, doyan dandan, boros beli makeup, dan sebagainya. Bukan sisi mahasiswa serius yang kemana-mana hidungnya nempel ke buku. Eits, tapi aku memang bukan mahasiswa yang serius-serius amat kok. :D So, aku nggak buka konsultasi masalah kesehatan di blog ini. Aku juga belum jago-jago amat soalnya, hahaha. Tapi boleh kalo mau konsultasi tentang makeup, bihihik.)

Balik lagi ke sistem pendidikannya. Yap, bukannya per semester, tapi kuliahku dibagi per blok. Satu semester itu terdiri dari 3 blok. Jadi masa 4 tahun aku kuliah (dan ini harus tepat 4 tahun, nggak bisa ditawar jadi 3 atau 3,5 tahun, tapi kalo ada blok yang belum lulus bisa nambah tahunnya -_-) ada 24 blok yang harus dijalani. Nanti selesai kuliah, masih ada co-ass 2 tahun. Terus habis itu internship atau magang selama 1 tahun. Yap, buat yang nggak kuliah di kedokteran, selamat! Karena ntar pas saat kalian udah kerja, punya keluarga, dan punya anak, kami baru aja mau menikmati hidup. *tuwo neng dalan* -___-

Nah, pas blok 17 kemaren adalah blok Metopen alias Metodologi Penelitian. Jadi pas blok itu, kita udah harus menentukan judul skripsi, udah nulis proposal (bab 1, 2, dan 3), dan selesai blok itu ada ujian presentasi proposal. Waktunya sekitar 1 bulanan. Crazy, right? Padahal katanya bagian yang paling susah dari suatu skripsi itu bab 1, 2, dan 3nya. -_-

Beberapa bulan sebelumnya kami (Oh iya, aku skripsinya kelompokan gitu, bertiga sama sahabat-sahabatku. Meskipun sekelompok, tapi tetep ntar ngerjainnya juga sendiri-sendiri. Satu judul besar gitu lah jadinya. Yang membedakan variabel bebasnya. :D) udah ngelist mau bikin judul skripsi apa. Salah satu temen mengusulkan ambil di bagian kejiwaan aja, karena lebih gampang ntar prosesnya, cuma tinggal bagi kuesioner tanpa harus penelitian di laboratorium dan sebagainya. Okay, kami manut, dan akhirnya judul yang kami pilih adalah "Hubungan Antara Lingkungan Kerja, Dukungan Keluarga, dan Stressor Psikososial dengan Depresi pada Pekerja Pabrik Wanita di Kabupaten Bantul". Aku neliti yang variabel dukungan keluarganya, sedangkan dua temanku neliti yang variabel lingkungan kerja sama stressor psikososialnya.

Sebenernya ada pabrik spesifik yang kami teliti, tapi di blog ini aku pake inisial aja ya, karena, yah, tau sendiri lah, kebijakan dan blablabla. :D

Karena kami mau penelitian di pabrik, jelas dong harus melewati proses yang amat sangat ribet dan njlimet kalo mau "masuk" ke pabrik. Dan juga harus menyertakan proposal yang jelas. Nah, karena proposalnya baru mau dibuat, kami nggak bisa "ngomong" dulu ke pabriknya. Dan karena judul spesifiknya mesti dimasukin ke database kampus, kami mau nggak mau nyertain nama pabrik (kita sebut aja pabrik S) itu di judul skripsi kami, dengan harapan pabrik S akhirnya setuju jadi tempat penelitian kami, karena denger-denger pabrik S gampang banget kalo mau dijadiin tempat penelitian.

Selesai sidang proposal, saatnya permainan dimulai (halah)! Kami meluncur ke pabrik S, dan ternyata penelitian kami ditolak! Langsung hopeless saat itu juga, soalnya kami udah pede banget bakal diterima. Padahal dokter yang bekerja di pabrik tersebut udah acc loh! Entah apa penyebabnya, bahkan sampai sekarang masih misteri. :|

Dengan perasaan sedikit kesel, bete, sedih, kecewa, kami cerita hal tersebut ke dokter pabriknya. Alhamdulillah, dokter pabriknya mau membantu dengan melakukan penelitian di kliniknya. Tapi prosesnya akan lebih lama lagi, karena kami mesti nunggu pekerja pabrik wanita yang berobat ke situ, padahal nggak mesti sehari bakal dapet satu pasien yang adalah pekerja pabrik wanita. :(

SIAPA YANG TADI BILANG KALO PENELITIAN DI BAGIAN KEJIWAAN BAKAL LEBIH GAMPANG DIBANDING BAGIAN YANG LAIN???!!! Temen-temenku yang lain udah pada selesai bulan Desember gitu padahal mereka nggak ambil yang kejiwaan, huwwaaaaaa!!! :'''(((

Tapi sebelum rencana tersebut berjalan, salah satu temenku nyari opsi lain dengan nyari pabrik lain yang sekiranya mau dijadiin tempat penelitian. Sempet mikir, kami neliti tentang depresi tapi kaminya sendiri malah depresi, hahaha. Akhirnya dapet lagi satu pabrik (sebut aja pabrik A) yang mau dijadiin tempat penelitian. Sebenernya pabrik A ini udah kami "ajak" buat jadi tempat penelitian sebelum dapet pertolongan dari dokter pabrik S, tapi ditolak juga. Dan setelah agak ragu mau nerima bantuan dokter pabrik S apa nggak, kami usaha lagi ke pabrik A, dan akhirnya diterima, yaiy! :D

Penelitian mulai berjalan. Itu sekitar awal bulan Januari kalo nggak salah. Kenapa selang waktunya lama banget setelah sidang proposal? Ya karena di-PHP sama HRD pabrik-pabrik tersebut! Ternyata, saat penelitian juga banyak kendalanya! Jam yang bentrok sama jadwal kuliah (sistem skripsiku juga nggak sama kayak universitas lain, yang biasanya ada waktu sendiri buat ngerjain skripsinya, biasanya dikasih waktu satu semester penuh), pekerja pabriknya yang rata-rata susah untuk diajak kerjasama, lokasi pabriknya yang jauhnya Naudzubillah (pake naik turun gunung dan jalanannya juga terjal abissssssssssss), buanyak lah pokoknya! Perjuangan demi S. Ked yang sekarang udah ada dalam genggamaaaaaaaannn!!! :''')))

Penelitian selesai kira-kira bulan Maret, agak lama karena kepotong libur semesteran (salah satu sahabatku ada yang dari luar Jawa) dan saatnya mulai ngerjain bab 4 dan bab 5! Lumayan cepet sih kalo bab 4 sama bab 5nya, kendalanya cuma masalah males dan bosen yang menyerang! Rasanya udah muak aja liat tulisan yang itu-itu aja, ngedit tulisan yang itu-itu aja, rasanya pengen cepet kelaaaaaaaaaaaaaaarrrrrrrrrr! >w<

Bosen ngedit tulisan yang itu-itu aja :''')))

"Kitab" demi kelancaran skripsi

Kelar semua sama revisi-revisinya, mulai deh melakukan persiapan buat sidang. Sidang di kampusku ini agak-agak mirip kayak sidang terbuka gitu, jadi ngundang minimal 10 orang temen, terus nyediain snack sama makan juga. Presentasinya pake bahasa Inggris. Sebelum sidang harus melengkapi syarat-syarat dulu, seperti ngumpulin KTI alias skripsi yang udah selesai, jurnal terbaru, ah banyak lah pokoknya. -_-

The Proposal :3 Skripsi-nya nggak kefoto -_-

Syarat-syarat kalo mau maju sidang

Alhamdulillah, akhirnya jam setengah 6 sore selesailah semuanya! Lunas! Kelar! Huahahahaha. Mana revisinya dikit banget, senangnyaaaaaaaaaaa! Bahagia banget lah pokoknya. Perjuangan selama beberapa bulan kemaren terbayarkan! Yang bikin super-duper seneng, bisa bikin bangga mama-papaku (yang udah sejak Januari tanya terus "kapan sidang???", untung bukan ditanyain "kapan nikah???"). :DDDD

Meskipun udah sidang, aku nggak serta merta bisa yudisium alias wisuda loh. Yudisiumnya ntar bareng-bareng sama temen-temen yang lain. Ini aja aku masih ada teori 1 blok lagi yang mesti dijalanin. -_- Dan kalo ada yang nanyain apa bisa langsung praktek? Nggak. Karena masih ada coass 2 tahun, terus ntar ada ujian UKDI buat dapet SIP, terus internship 1 tahun, baru bisa praktek. Hoaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhhmmmmmmmmmmmmm!!! -____-

Ini dia beberapa foto setelah sidang, narsis-narsis dikit begitulah, ungkapan rasa syukur, hahaha :D

Sama dokter pembimbing dan dokter penguji

Trio merah (aku yang tengah) :D

Sama temen-temen :')

Again :')

And again :')

Makasih buat semuanya yang udah membantu sampai akhirnya skripsiku kelar dan udah sidang, Allah SWT, mama, papa, my besties temen sekelompokku (Poe sama Lintang, yang sempet marahan juga dalam proses pembuatan skripsi tapi akhirnya baikan lagi. WE DID IT! :D), dokter pembimbing kami yang udah sabaaaaaaaaaaaarrrrrr banget sama kami, dokter penguji kami yang mau nguji kami walaupun kami menghubunginya di saat-saat terakhir, temen-temen yang mau dateng ke presentasi sidang kami (dan juga selalu nanyain "kapan sidang?" karena sebagian besar dari mereka udah pada sidang), temen-temen reader semua yang udah do'ain, MAKASIH SEMUANYAAAAAAAAAA!!!! :* :* :* :*

P. S. Insya Allah aku akan bikin giveaway dekat-dekat ini dalam rangka bersyukur udah selesai sidang skripsi. Stay tuned aja ya pokoknya! ^_^

8 comments:

  1. congrats y mb dila :)
    semoga q juga bisa cepet lulus kuliah amien :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasiiiiiiiiiiiiiiihhhhhhhhhhhhh x)
      iyah, amin, amin, amin, ayok semangat! :D

      Delete
  2. Way closer to become S,ked.
    Congrats !!

    ReplyDelete
  3. Hwaaaa gara gara mbak tadi nanyain tentang OSCE aku jadi obrak abrik isi blognya >.<
    hahaha mbak sekarang udah koass? Dimana mbak koassnya? :D
    kuliah di UMY ya, aku di UGM

    vinitsurayya.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum penempatan nih, hehehe :D
      km KU jg yaaa? waaahhh, lanjutkan jadi dokter yang interest sama beauty things ya! :D

      Delete

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...